RSS

My Opinion about Operating System

10 Apr

 

Saat ini sebuah perangkat komputer bukanlah sebuah hal yang asing bagi kita, komputer dapat mempermudah kita dalam mengerjakan tugas-tugas atau pekerjaan yang kita miliki. Selain itu fungsi komputer sebagai perangkat multimedia dan entertainment system juga bukan hal baru untuk kita, terutama dalam industri musik, telekomunikasi, media, film, dsb. Karena hal tersebut maka penggunaan komputer sebagai faktor penunjang merupakan sebuah kewajiban mutlak yang harus kita pelajari dan kuasai.

Peran serta komputer di dalam masyarakat tidak terlepas dari dukungan operating system yang memadai, sebagai contoh kini banyak operating system yang beredar di pasaran seperti Windows dari Microsoft,  Linux yang berbasis Open Source, Solaris dari Sun Microsystems, dan Mac OS dari Apple. Mungkin beberapa dari kita tidak mengerti mengapa ada banyak OS yang direlease dari berbagai vendor, dan mungkin beberapa dari kita ada yang belum pernah mendengar atau mengetahui OS yang saya sebutkan diatas.

1. Microsoft Windows

Windows merupakan sebuah operating system keluaran Microsoft Corp. yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan oleh para pengguna komputer di dunia. Tak bisa kita pungkiri, eksistensi windows dalam perkembangan dan sejarah dunia komputer sangatlah besar, akan tetapi tetap saja “tak ada gading yang tak retak”.

Kini penggunaan windows sebagai OS di dalam sebuah perangkat komputer bukan hanya sebagai media untuk mempermudah kita dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, tetapi juga sebagai media untuk menjelajahi dunia maya, mendengarkan lagu atau menonton film, bermain game, mengolah data, sampai dalam hal perancangan, pembuatan, dan pengembangan perangkat lunak.

Microsoft Windows 7

Namun diluar dari itu, windows adalah sebuah OS yang paling rentan oleh virus komputer yang terkadang membuat para user tidak nyaman dengan kehadiran virus-virus tersebut di dalam komputer mereka yang mengakibatkan kerusakan data hingga perangkat keras yang ada di dalam perangkat komputer itu sendiri. Bukan hanya itu saja, harganya yang mahal dan biaya pengembangan serta dukungan perangkat lunak lainnya yang tinggi menyebabkan tingkat piracy atau pembajakan software yang cukup tinggi sehingga dapat merugikan pihak-pihak pengembang software dan para vendor pencipta software itu sendiri.

2. Linux

Linux merupakan sebuah operating system berbasis open source yang dapat kita kembangkan sendiri seperti halnya membuat sebuah aplikasi dengan memanfaatkan source code yang sudah ada. Linux OS memiliki banyak distro atau penamaan OS dari Linux itu sendiri seperti Ubuntu, Fedora, SuSe, Red Hat, Slackware, Blank On, Linux Mint, Mandrake, dll. Hal tersebut terjadi karena konsep open source yang diterapkan di dalam OS ini, sehingga banyak pihak atau vendor yang mengembangkan OS ini dan menamakannya sesuai dengan keinginan mereka.

 

Ubuntu 10.10 Maverick Meerkat

Linux merupakan sebuah OS yang bisa dikatakan lumayan sulit untuk dioperasikan, sehingga tidak disarankan bagi para pengguna awam komputer walaupun kini banyak vendor yang mulai memperbaiki interfacenya (GUI) untuk mempermudah user dalam mengoperasikan OS tersebut. Awalnya linux diciptakan khusus untuk pengembangan dan riset di dalam dunia Teknologi Informasi, namun kini Linux dapat melakukan apa saja seperti memutar file audio, file video, menjelajahi dunia maya, hingga bermain games walaupun kini yang dirasakan games yang direlease untuk linux masih cukup sedikit.

Namun untuk mereka yang menginginkan kenyamanan dan kestabilan dalam penggunaan komputer, Linux merupakan rekomendasi bagi mereka. Selain OS ini kebal terhadap virus, tingkat keamanannya yang tinggi juga patut diperhitungkan sebagai OS terbaik bagi anda yang menginginkan sebuah privacy yang tinggi.

3. Solaris

Tidak jauh berbeda dengan  linux, operating system yang di kembangkan oleh pihak SUN Microsystems ini ditujukan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dalam hal software development. Walaupun tidak sebanyak linux, tetapi solaris juga merupakan salah satu OS yang harus diperhitungkan dalam hal pengembangan software.

4. Mac OS

Mac OS merupakan operating system yang dikeluarkan oleh Apple Inc., terkenal dengan powerful dan stability-nya yang menyebabkan kini OS tersebut makin diminati oleh para computer user. Tidak seperti windows yang mudah diserang virus dan tidak seperti linux yang terkadang pengoperasiannya menyulitkan user, Mac OS merupakan sebuah OS yang cukup eye-catching.

Dengan berbagai macam fitur kesenangan (Fun Feature) yang ditawarkan oleh Apple, maka sekarang tidak heran mulai banyak user yang beralih ke Mac OS. Namun tidak seperti windows dan linux yang dapat berjalan di sebuah PC mana saja, Mac OS hanya bisa dioperasikan dengan Hardware keluaran Apple Inc. seperti iMac, MacBook, MacBook Pro, Mac Pro, Mac Mini, dll. Oleh karena itu Mac dapat disebut sebagai sebuah perangkat komputer yang eksklusif bila dibandingkan dengan yang lainnya.

 

Mac OSX Snow Leopard

Sama halnya dengan OS yang lain, dengan Mac kita dapat mengedit sebuah data, melakukan penjelajahan di dunia maya, bermain games, memutar file audio dan video, menciptakan dan mengembangkan sebuah aplikasi perangkat lunak atau sistem, hingga menciptakan sebuah lagu maupun film.

Mac OS banyak digunakan didalam dunia desain, baik itu desain grafis, animasi, efek-efek film, pembuatan desain kendaraan seperti motor, mobil, perahu, dsb, desain interior maupun rumah, taman, kota, gedung, dsb, hingga fotografi. Sebenarnya orang-orang yang menggunakan Mac berasal dari industri multimedia seperti para desain grafis, arsitek, drafter, desainer, produser musik maupun film, hingga seorang DJ.

DJ-ing with Mac

Mac OS banyak dicintai penggunanya dikarenakan kestabilan yang tinggi dan OS ini merupakan sebuah OS yang powerful bila dibandingkan dengan windows maupun linux. Walaupun demikian pengguna Mac menempati tempat yang dibilang cukup kecil dalam jumlah usernya yaitu sekitar 7% dari para pengguna OS lainnya di dunia. Hal tersebut terjadi mungkin karena harga dari perangkatnya yang cukup mahal bial dibandingkan dengan perangkat komputer lainnya. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan pihak Apple Inc. untuk menunjukkan kekuatan dari OSnya yang tidak dimiliki oleh OS lainnya.

Ada pepatah mengatakan “Once you got mac, you can’t go back”😉

Sebenarnya semua pilihan maupun pendapat ada di diri kita sendiri, karena sebuah OS ditujukan untuk suatu fungsi khusus dari penggunanya. Kalo saya Mac OS merupakan OS terbaik yang pernah saya coba selain Linux based, Windows, dan Solaris. Bagaimana dengan anda?

 
1 Comment

Posted by on April 10, 2010 in desktop, Technology

 

Tags: ,

One response to “My Opinion about Operating System

  1. dmx

    July 30, 2010 at 09:29:57

    nais post gan…
    very tempting on last subject🙂

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: